33 Tips Keamanan Perjalanan


solusi kebutuhan legalitas tuantender.id

Bepergian ke tujuan yang tidak dikenal dapat membawa kepada Anda jenis masalah yang tidak ingin Anda alami saat di jalan yaitu: perampokan, pemerkosaan, atau pembunuhan. Turis sering menjadi mangsa pelaku karena mereka tidak mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai perjalanan. Mari kita periksa beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah perjalanan Anda menjadi tragedi:

1. Jangan pernah mencantumkan alamat rumah Anda pada label bagasi. Jika berbisnis, tuliskan alamat perusahaan pada label; jika mengunjungi teman Anda dapat mencantumkan alamat mereka. Gunakan label bagasi tertutup juga.

2. Tetap dengan barang bawaan Anda sampai barang bawaan diperiksa. Jika Anda harus meletakkan tas Anda, pegang satu kaki di atas gagang.

3. Bawalah kertas penting bersama Anda; JANGAN PERNAH memeriksa apa pun yang Anda tidak mampu kehilangannya. Fotokopi paspor, SIM dan kartu kredit Anda.

4. Bawalah senter kecil. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan tiba-tiba “dalam kegelapan” dan menemukan diri Anda dalam lingkungan yang tidak dikenal. Di malam hari, simpan senter di samping tempat tidur Anda.

5. Pastikan obat resep Anda terisi tepat dan diberi label akurat. Di beberapa negara obat resep tertentu dilarang.

6. Jangan pernah memakai apa pun yang memproyeksikan kemakmuran. Tidak ada rantai emas, arloji dan cincin mahal, bagasi, atau perlengkapan lainnya yang mudah dilihat. Lebih baik: tinggalkan perhiasan Anda di rumah.

7. Jika mungkin bepergian dengan hanya satu atau dua kartu kredit.

8. Wanita khususnya tidak boleh menerima minuman dari orang asing. Awasi minuman Anda setiap saat.

9. Variasikan jadwal Anda; cobalah untuk tidak datang dan pergi pada waktu yang sama setiap hari.

10. Hanya tinggal di hotel yang menggunakan kartu untuk membuka pintu kamar dan memastikan kamar Anda memiliki lubang kunci dan kunci gerendel. Kencangkan rantai dan kencangkan pintu dengan mendorong penghenti karet di bawahnya.

11. Menginap di kamar dekat tangga. Jangan pernah naik lift jika api atau asap terdeteksi. Selalu tinggal di sebuah hotel di mana pintu-pintu masuk lorong dan tidak langsung dari luar.

12. Jangan memakai tag nama di depan umum.

13. Jangan menggunakan taksi yang tidak ditandai.

14. Duduk di belakang pengemudi sehingga Anda dapat melihatnya, tetapi dia tidak dapat melihat Anda.

15. Bayar pengemudi saat tiba di tujuan dan saat Anda masih duduk di dalam kendaraan.

16. Jika Anda harus menyewa mobil, sewalah hanya dari perusahaan terkemuka. Masalah operasi apa pun yang terjadi dapat menandakan sabotase.

17. Berhati-hatilah dengan kecelakaan mobil ‘bertahap’ yang dimaksudkan untuk menangkap Anda dari kartu.

18. Kembali ke tempat parkir Anda untuk memudahkan keluar cepat.

19. Taman hanya di daerah yang cukup terang dan bepergian dengan baik.

20. Jika ponsel Anda tidak berfungsi di luar negeri, pertimbangkan untuk menyewa yang berfungsi selama perjalanan Anda.

21. Jika ditahan karena alasan apa pun oleh pejabat, mintalah identifikasi. Jika ragu, beri tahu mereka bahwa Anda ingin melihat atasannya. Jaga emosimu tetap terkendali.

22. Jika bepergian dengan anak-anak, bawalah foto yang diperbarui dari setiap anak jika Anda terpisah dari mereka.

23. Tulis nama anak Anda dan nomor hotel Anda di setiap kartu; sertakan informasi kontak teman dekat atau kerabat pada kartu. Berikan kartu kepada setiap anak yang akan mereka bawa selama Anda pergi. Hancurkan sekali di rumah.

24. Diskusikan dengan keluarga Anda apa yang akan mereka lakukan dalam keadaan darurat saat jauh dari rumah, misalnya siapa yang harus dihubungi, bagaimana cara menghubungi petugas darurat, dll.

25. Jangan membicarakan rencana perjalanan, nomor kamar Anda atau informasi pribadi lainnya di depan umum dalam jarak pendengaran orang asing.

26. Bawa kit pertolongan pertama dasar dengan perban, yodium, anti nyamuk, tabir surya, paket alkohol, dramamin, pepto bismol, obat diare, dll.

27. Biasakan diri Anda dengan jadwal kereta dan bus sebelum bepergian. Siapkan rencana alternatif jika rencana transportasi Anda berubah.

28. Jangan mem-flash paspor Anda di tempat umum. Perlihatkan secara rahasia dokumen penting hanya kepada pejabat.

29. Pertimbangkan untuk membeli alarm portabel yang mengeluarkan suara keras.

30. Perhatikan penipuan di jalan. Anak-anak yang bekerja dengan orang dewasa terkenal sebagai pencopet.

31. Jangan pernah flash uang Anda di depan umum. Tukar dana hanya dengan penukar yang memiliki reputasi dan yang diakui.

32. Siapkan kiat di muka untuk petugas servis.

33. Pertimbangkan untuk menyewa pendamping [security] layanan jika bepergian di daerah-daerah di mana kejahatan tinggi.

Kunci untuk bepergian dengan aman di area mana pun adalah kesadaran situasional. Gangguan karena barang bawaan, anak-anak, staf hotel, orang asing, dll. Dapat membuat Anda berisiko. Ketahui lingkungan Anda dan tetap mengendalikan setiap situasi.



solusi kebutuhan legalitas tuantender.id

View Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Published by
3 months ago